Tips Agar Hemat Hard Disk di Windows 7

Pada era modern saat ini kapasitas hard disk semakin berkembang dengan pesat, Anda tidak akan dapat lagi menemukan hard disk baru dengan kapasitas di bawah 50GB, bahkan untuk netbook ukuran 10 inch saat ini minimal telah dibekali dengan hard disk berukuran 250GB.

Agar kapasitas hard disk Anda tidak cepat penuh, sebaiknya simpanlah data-data yang penting saja di dalam komputer Anda, hapus data-data tidak penting terutama yang berukuran besar, biasanya beberapa orang suka mendownload aplikasi dengan format .Zip kemudian lupa menghapus file tersebut meskipun sudah diekstrak ke dalam folder, dan sebagian orang suka meng-instal aplikasi-aplikasi yang tidak bermanfaat dan jarang sekali digunakan yang kemudian mengendap dan membebani hard disk. Selain itu lakukan press data anda dengan menggunakan fitur yang sudah disediakan oleh Windows, kali ini kita akan membahas fitur ini Agar Hemat Hard Disk di Windows 7

1. Buka Windows Explorer anda, klik kanan pada salah satu folder di disk D untuk percobaan, kemudian klik Properties. Catatan: Saya hanya merekomendasikan Anda mengimplementasikan tips ini pada disk D komputer Anda.




2. Pada jendela Properties perhatikan ukuran data di dalam folder tersebut sebagai perbandingan sebelum dan sesuah proses press nantinya. Klik Advanced untuk melanjutkan.



3. Selanjutnya centang kotak pilihan Compress contents to save disk space lalu klik OK untuk melanjutkan



4. Setelah itu Anda akan kembali ke jendela Properties, untuk menjalankan perintah Compress tadi klik Apply.


5. Anda akan diminta konfirmasi permintaan perintah compress, ada dua pilihan yang dapat Anda pilih. Anda dapat memilih tombol radio Apply changes to this folder only jika menghendaki proses press diaplikasi hanya pada folder yang Anda pilih di langkah pertama tadi tanpa mempengaruhi sub folder yang ada di dalamnya. Kemudian Anda dapat memilih Appy changes to this folder, subfolders and files jika menginginkan proses compress diaplikasi ke seluruh sub folder dan isinya yang berada di dalam folder terpilih.



6. Klik OK apabila Anda telah memilih salah satu dari pilihan tersebut, maka proses press akan berjalan, lamanya waktu yang dibutuhkan tergantung besarnya ukuran folder yang Anda pilih. Apabila proses press telah selesai, silahkan lihat pada menu Properties dan bandingkan ukuran sebenarnya dengan ukuran yang telah Anda press. Selanjutnya Anda dapat melakukan langkah yang sama pada folder lain selama berada di data D.


ok selesai....demikian tips komputer kali ini semoga bermafaat.

0 comments

Post a Comment