Sabtu, Februari 9

Cara Memperbaiki File Ms Word yang Rusak / Corrupt

Secara default Microsoft Word mempunya fitur sederhana untuk memperbaiki file Ms word yang corrupt atau rusak, fitur ini dapat ditemukan di menu Open —> Open and Repair atau dapat melalui short key CTRL + O.


Langkah pertama, jalankan aplikasi MS Word, kemudian tekan CTRL + O dan klik sekali di dokumen yang rusak. Pada tombol open, klik tanda panah hitam dan pilih Open and Repair. Maka sistem akan mencoba untuk memperbaiki file yang rusak tersebut dan setelah proses perbaikan selesai dokumen akan terbuka. Tetapi jika masih Anda lihat tampilan seperti gambar di bawah ini, berarti proses perbaikan dengan cara ini gagal, untuk meyakinkan coba sekali lagi.



jika cara pertama di atas tidak dapat menyelesaikan masalah Anda, cobalah cara kedua dengan menggunakan bantuan aplikasi bernama RepairMyWord. Download terlebih dahulu aplikasinya di sini: http://www.repairmyword.com/repair-word-download.php kemudian instal ke komputer Anda dan jalankan. Aplikasi ini sangat sederhana dan ringan untuk dijalankan di komputer dengan spek rendah sekalipun, kekurangan dari aplikasi ini hanya mendukung Microsoft Word 2003 ke bawah atau dokumen dengan ekstensi .Doc, bukan Docx yang identik dengan Word 2007 ke atas.
baca juga : Cara Membuka File Excel Yang Rusak / Corrupt Dengan Excel Recovery,  Cara Menyembunyikan Rumus / Formula Excel 2007
 

Berikut adalah tampilan aplikasi RepairMyWord, langkah perbaikan dokumen menggunakan aplikasi ini cukup mudah, klik Repair/Open dan pilih dokumen yang rusak kemudian klik Save.
Setelah dokumen hasil perbaikan tersimpan, Anda dapat mencoba untuk membuka file tersebut melalui aplikasi Microsoft Word.


Aplikasi ini menjamin hasil 100% maksimal, yang disayangkan penggunaannya masih terbatas pada Microsoft Word versi 2003 ke bawah, tetapi saya yakin ke depan aplikasi ini akan segera mendukung versi Word terbaru sehingga dapat menjadi solusi alternatif apabila terjadi masalah pada dokumen Word terutama dokumen-dokumen yang bersifat sangat penting.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar