Cara Membuat simbol/Karakter Sendiri di Windows 7


Utilitas Character Map di Microsoft Windows cukup populer dan dikenal banyak pengguna Windows sebagai bagian dari OS sejak zaman dulu. Hal ini memungkinkan Anda untuk memasukkan karakter khusus yaitu simbol atau font yang tidak tersedia ke dalam dokumen Anda seperti esai, artikel, laporan, cerita, email dll. Private Character Editor adalah sebuah aplikasi Windows yang terintegrasi yang memungkinkan Anda mengukir karakter kustom dari awal. Dalam tutorial ini, kami akan memandu Anda melalui proses langkah-demi-langkah menggunakan Private Character Editor untuk membuat simbol/karakter Anda sendiri.

Di windows 7 langsung saja anda buka Start Menu > All Programs > Accessories > System Tools > Private Character Editor
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih kode heksadesimal untuk karakter atau simbol yang Anda buat. Cukup pilih kode heksadesimal dari kotak yang tersedia dan tekan OK.



Setelah memilih kode hex, Anda akan disajikan dengan ruang kerja Anda berisi kotak kosong, di mana Anda dapat menggambar dan membuat apa pun yang Anda inginkan. Toolbar di sebelah kiri membantu Anda menciptakan karakter yang Anda inginkan dalam banyak cara dengan menggunakan alat-alat seperti pensil, kuas, garis lurus, persegi panjang berongga dan penuh, berongga dan penuh elips, persegi panjang dan seleksi bentuk bebas, dan penghapus. Menggunakan kombinasi dari alat-alat ini, Anda dapat membuat karakter Anda dalam 50 x 50 kotak dengan menggambar di kotak kecil. Aplikasi ini juga memungkinkan anda copy, paste dan menghapus dari menu Edit.



Private Character Editor menawarkan fitur lain yang menarik disebut Referensi. Hal ini memungkinkan Anda untuk memilih dari simbol-simbol yang ada yaitu karakter bawaan Windows secara default, dan menggunakannya sebagai referensi untuk membantu Anda dalam menggambar. Anda juga dapat menarik lebih dari setiap bagian dari referensi untuk memilihnya, dan menyalin area yang dipilih ke jendela editor. Untuk menampilkan referensi, klik Window> Referensi ..



Selanjutnya, pilih karakter yang ingin Anda memasukkan atau ditampilkan sebagai referensi dari jendela. Anda juga dapat mengklik tombol Font dan pilih gaya font yang berbeda untuk karakter.



Setelah Anda selesai membuat karakter atau simbol sesuai dengan keinginan Anda, saatnya untuk menyimpan hasil kerja anda. Karakter Pribadi Editor memungkinkan Anda untuk menghubungkan karakter baik untuk semua font yang tersedia, atau hanya font tertentu. Untuk melakukan ini, klik File> Font Link, diikuti dengan mengklik 'Ya' dalam dialog melanjutkan. Sebuah jendela baru bernama 'Font Links' akan muncul, dari mana Anda hanya perlu memilih apakah Anda ingin menghubungkan semua atau hanya jenis tertentu font karakter Anda.


dan hasilnya bisa anda lihat dibawah ini


selesai...demikian tips komputer kali ini dan selamat mencoba  Membuat simbol/Karakter anda Sendiri di Windows 7

0 comments

Post a Comment