Cara Memperkuat Sinyal Modem GSM, CDMA, GPRS, HSDPA, 3G, EDGE

Jika Anda adalah penggemar berselancar di dunia maya, koneksi internet tentu sesuatu yang sangat penting. Untuk mendapatkan koneksi internet ada banyak cara yang bisa dihubungi, via WIFI atau melalui koneksi modem. Lokasi Anda melakukan browsing adalah faktor penentu menangkap sinyal modem Anda, baik GPRS atau sinyal 3G. Jika lokasi Anda berada jauh dari BTS atau menara penangkap sinyal maka secara otomatis koneksi Anda akan sedikit atau putus-putus.

Sinyal penangkapan dapat diketahui dari saat Anda membuka menu dari koneksi yang ada pada modem. Klik ikon koneksi modem Anda pada sudut kiri bawah, dapat diketahui berapa banyak sinyal yang dapat ditangkap. Biasanya koneksi internet akan terputus atau lambat sekali pada saat sinyal dalam 1 atau 1,5 bar. Untuk mengatasi hal tersebut maka Anda perlu cara untuk memperkuat sinyal modem yang bisa Anda dapatkan.

Berikut tantoroni.blogspot.com akan berbagi tips cara untuk memperkuat sinyal GSM atau CDMA modem Anda, yaitu:

Menggunakan Extender USB

Extender USB adalah konektor USB tetapi memiliki kabel panjang. Jalan dengan Extender USB adalah cara paling aman untuk memperkuat sinyal GSM atau modem CDMA. Cara ini mungkin sedikit lebih sederhana daripada harus membuat wajan bolic atau membeli antena eksternal.

Carilah tempat di mana obstruksi minimal atau tempat yang mendapat sinyal besar, biasanya ditemukan di tempat terbuka, di atap atau dekat jendela.

Mengukur berapa lama antara sinyal pusat dengan tempat yang biasa Anda untuk menghubungkan. Jika dibutuhkan panjang hanya 1 atau 2 meter , Anda dapat membeli USB extend, tetapi jika lebih dari itu maka Anda juga harus membeli kabel UTP untuk menghubungkan.

Beli Extender USB yang banyak tersedia di toko-toko komputer. Jika Anda membeli Extender USB jangan lupa Anda mengatakan kepada penjual yang akan digunakan untuk modem, karena pada Extender USB biasa, tidak cukup kuat untuk menghubungkan modem.
Untuk pengujian, hubungkan modem dengan Extender USB yg terhubung dengan komputer Anda.

Metode ini telah dicoba dan hasilnya adalah peningkatan sinyal, tapi kembali lagi pada penempatan dan lokasi di mana Anda berada. Dalam pembahasan di atas mengenai penambahan kabel UTP, ada cara khusus untuk menghubungkan UTP dengan USB.
Bagi Anda yang belum pernah merangkai kabel UTP berikut caranya:

Beli kabel UTP sesuaikan dengan panjang yang Anda butuhkan, tapi tidak bisa lebih dari 9 meter karena menyebabkan koneksi modem tidak dapat terdeteksi.

Potong Extender USB kurang lebih  5 cm dari kepala kedua konektor. Kemudian Kupas masing-masing kabel berwarna-warni hingga terlihat tembaga nya.
    Sama dengan nomor 2, Peel masing-masing ujung kabel UTP sampai terlihat masing-masing tembaga nya.
    Hal khusus ini terletak di rangkaian kabel berwarna-warni.
    Hubungkan 1 kabel hijau (UTP) dengan kabel hijau (dari USB).
    Campurkan 1 kabel Hijau Putih (dari UTP) dengan kabel putih (dari USB).
    Campurkan 2 orange putih Kabel (dari UTP) dengan kabel merah (dari USB).
Terakhir menggabungkan pertama 4 putih-coklat kabel dan biru-putih dengan kabel UTP hitam pada USB.
Setelah semuanya terhubung, isolasi agar tidak terjadi korslet.
Tambahkan pelindung untuk modem dari panas dan hujan (jika ditempatkan di luar ruangan) misalnya dengan paralon atau kaleng.
  
Menggunakan CD dan Kaleng Bekas

Untuk meningkatkan sinyal modem GSM dan CDMA Anda ada satu cara lagi yang sederhana dengan menggunakan Sepotong CD dan kaleng semprot obat nyamuk.

Siapkan botol semprot penolak serangga atau pengharum. , maka akan mempengaruhi sinyal penangkapan.
Siapkan cakram CD yang digunakan.
Masukkan cakram CD tepat di bawah modem Anda dengan posisi wajah mengkilap pada modem.
Pasang kaleng dekat disc CD, tidak perlu untuk berhubungan.
Pindah-pindahkan kaleng sekitar cakram sesuai dengan arah yang menangkap banyak sinyal.

Sebenarnya ada banyak cara lagi yang dapat Anda gunakan, tapi cara sederhana di atas mudah-mudahan bisa mendapatkan keuntungan. Kedua cara di atas telah terbukti dapat meningkatkan sinyal modem Anda untuk jaringan GSM dan CDMA.

0 komentar:

Post a Comment