Rabu, April 11

Mendeteksi Aplikasi Komputer yang Mengakses Internet

Anda mungkin bertanya kenapa perlu di deteksi, bukankan program yang akses internet itu browser, aplikasi instant messenger, aplikasi social networking client (twitdeck dll)?  Eits, belum tentu.

Bisa jadi aplikasi-aplikasi yang anda instal memerlukan (atau di-setting) otomatis melakukan update yang perlu mengunduh data dari internet, atau bisa jadi ada program sejenis virus di komputer anda yang bisa mengirim data-data ke alamat server internet tertentu. Wah, bisa bahaya tuh.

Deteksi ini akan sangat bermanfaat juga untuk menghemat biaya akses internet anda, terutama jika anda berlangganaan paket yang berdasar quota jumlah data  atau membeli per besar paket (Mbyte), karena quota anda mungkin justru terpakai oleh aplikasi yang tidak anda inginkan.

Nah, tips berikut dibawah ini akan memberikan beberapa pilihan untuk mendeteksi aplikasi apa saja yang mengakses internet :

Menggunakan command prompt.

memang pilihan ini hanya cocok untuk anda yang biasa menggunakan command prompt saja. Buka aplikasi command prompt dengan mengarahakan ke menu start di windows -> run kemudian ketik ‘cmd‘ (tanpa tanda petik). Setelah jendela command prompt terbuka ketikkan netstat pada saat koneksi internet anda aktif, kemudian sederet aplikasi port dan koneksi akan tertampil.

Menggunakan Windows Network Resource Explorer

Jika pilihan pertama terasa agak rumit membacanya, gunakan resource monitor yang sudah menjadi bawaan Windows 7 / Vista.  Pada Windows buka windows search box dengan mengetikkan “Tombol Windows+F” , kemudian ketikkan “perfmon” klik perfmon.exe pada hasil pencarian. Setelah terbuka, klik resource monitor seperti gambar dibawah ini :



kemudian pilih tab network. Pada tab tersebut akan ditambil semua aktifitas yang berkaitan dengan koneksi network, termasuk pada internet.





Jika anda memenukan aplikasi yang mencurigakan atau tidak anda inginkan untuk mengakses network atau internet, klik kanan pada nama image aplikasi kemudia klik “end process” untuk mematikan aplikasi.

Menggunakan TCPEye 1.0

Mungkin cara ini adalah cara paling mudah dalam pengoperasiannya, dan bisa dijalankan juga pada Windows XP. Setelah anda unduh TCPEye, buka aplikasinya, kemudian aplikasi gratis ini akan menampilkan (dari kolom kiri ke kanan) : proses di komputer, server atau website yang dituju, lokas program di komputer dan nama aplikasinya. Tepatnya seperti ini :


Yang mengasyikkan dari TCPEye adalah kita dapat melihat daftar server website yang diakses beserta negara lokasi dimana server tersebut berada. Aplikasi yang lain biasanya hanya menunjukkan IPnya saja.  Seperti halnya pada network resource monitor, jika ada aplikasi yang mencurigakan, tinggal klik kanan untuk menhentikan proses aplikasi tersebut. Download softwarenya disini

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar