Menambahkan Menu “Pin to Start Menu” Untuk Folder di Windows XP dan Vista


Menempelkan sebuah shortcut pada Start Menu dapat menjadi sebuah langkah pintar karena membantu kita untuk menjalankan sebuah aplikasi secara cepat dan efisien. Fitur “Pin to Start Menu” adalah salah satu dari sekian fitur yang cukup membantu pengguna terutama pada sistem operasi Vista dan Windows 7, seingat saya untuk sistem operasi XP update lama tidak mempunyai fungsi ini, atau saya yang kurang memperhatikan ya?


Terlepas dari kealpaan saya, secara default Microsoft hanya memperbolehkan kita untuk mem-pinning, atau menempelkan sebuah shortcut pada Start Menu jika shortcut tersebut adalah sebuah program, tidak folder sehingga kemudian muncul beberapa pertanyaan, bisakah kira-kira menempelkan folder di Start Menu sehingga kita juga dapat menjalankan Windows Explorer secara cepat. Nah, untuk menjawab kebutuhan itu, hari ini – setelah 10 hari tidak menulis – saya coba untuk ulas tips ini.

    Jalankan fungsi RUN, klik tombol Windows + R bersamaan kemudian ketikkan regedit dan tekan Enter.
    Sekarang Anda buka folder key direktori sebagai berikut:

    HKEY_CLASSES_ROOT\Folder\ShellEx\ContextMenuHandlers\



    Tepat pada key ContectMenuHandlers klik kanan mouse Anda kemudian klik New – Key.



    Kemudian copy key berikut dan pastekan ke key baru tersebut.

    {a2a9545d-a0c2-42b4-9708-a0b2badd77c8}





Nah, sekarang Anda coba buka Windows Explorer kemudian tekan tombol SHIFT dan klik kanan dan temukan menu Pin to Start Menu lalu coba klik dan lihat hasilnya di Start Menu Anda.


Klik kanan dan pin to start menu Windows XPMenempelkan sebuah shortcut pada Start Menu terutama sebuah folder dapat memberikan akses yang lebih cepat terutama bagi Anda yang acap kali terlibat dalam aktifitas kerja menggunakan Windows Explorer. Silahkan dicoba, jika ada kesulitan, tinggalkan komentar dan kami akan coba bantu.

0 comments

Post a Comment