Rabu, Februari 1

Cara Membuka File Excel Yang Rusak / Corrupt Dengan Excel Recovery

File Excel biasanya digunakan untuk membuat file data yang besar. Beberapa perusahaan telah menggunakan spreadsheet yang sama melalui dua dekade versi Excel. Jadi, memiliki sebuah spreadsheet yang berharga tiba-tiba file tsb menjadi korup adalah pengalaman yang menyakitkan.

Salah satu alat yang paling komprehensif yang saya temukan untuk memulihkan data file Excel yang korup adalah Excel Recovery. (http://sourceforge.net/projects/corruptexcelrec/) download dan jalankan software ini.

Excel Recovery menawarkan beberapa metode yang dapat memulihkan data Anda. Metode pertama adalah hanya mencari versi sebelumnya dari file korup, seperti Excel menyimpan sebagai file temp sementara saat bekerja dengan spreadsheet. Pilih file korup menggunakan ikon file pertama. Jika versi file Anda lebih lama dari file yang ditemukan, mereka akan menunjukkan pada menu dropdown di bawah pemilihan file. Pilih file dari daftar untuk upaya pemulihan.



berikutnya pilihan metode kedua, yaitu mencoba untuk mengambil file Anda yang rusak/korup dan menyimpannya dalam format yang berbeda. Format yang tersedia adalah SYLK dan HTML. ini akan memungkinkan Anda untuk menyelamatkan data Anda dan meletakkannya di spreadsheet baru.



Jika itu tidak bekerja, Anda dapat mencoba metode Microsoft untuk membuka file, termasuk membukanya di Excel Viewer, menggunakan MS Open and Repair or MS Open and Extract Data.


Jika cara ini tidak bekerja juga, Anda bisa mencoba dengan metode yang lebih ekstrim. Anda dapat mencoba membuka file dalam Safe Mode, membuka dengan Word Pad, mencoba ekstraksi luar dari perangkat lunak Microsoft dan bahkan perbaikan zip.



sekian tips kali ini, selamat mencoba.

Ponsel Android Bisa Digunakan Sebagai Barcode Scanner

Ponsel Android memang canggih, bisa digunakan untuk berbagai macam aktifitas, mulai dari FB, Twitter, musik dan keperluan lain seperti scanner darurat menggunakan ponsel Android.

Satu hal lagi yang bisa dilakukan oleh Android yang mungkin belum bisa dilakukan oleh ponsel yang menggunakan OS yang lain adalah menfungsikan Android sebagai alat untuk scan barcode. Jika belum tahu apa itu barcode, coba lihat pada sebuah produk (Atau mungkin pada kardus produk itu sendiri), bisanya di situ ada garis-garis kecil dengan tebal yang berbeda, berjajar secara beraturan.



Untuk membuat ponsel Android bisa membaca barcode dari sebuah produk, anda perlu yang namanya aplikasi “Barcode Scanner” yang bisa didownload di Market. Pada saat melakukan percobaan ini, kami menggunakan Free Barcode Scanner buatan ZXing Team.

Penggunaanya pun cukup mudah. Pertama, jalankan aplikasi Android Barcode Scanner, dan camera ponsel saat itu akan aktif dengan segera. Kemudian, dekatkan camera dengan salah satu produk (Atau box dari produk) yang memiliki barcode, maka dengan sendirinya camera akan mendeteksi kode produk. Atur jarak camera dengan produk sedemikian rupa sehingga barcode bisa terdeteksi dengan baik.


Jika sudah mendeteksi barcode, hasil kode barcode bisa di share lewat eMail atau lewat SMS. Jika ingin mencari kode produk itu menggunakan Google, bisa menggunakan tombol Web Search yang ada di pojok kiri bawah.

Selain menggunakan barcode scanner dari ZXing Team, aplikasi lain yang bisa diandalkan adalah QuickMark Barcode Scanner yang sama-sama bisa di dapatkan secara gratis dari Android Market. Cara penggunaanya pun hampir sama, tidak memerlukan keahlian khusus, hanya memerlukan sekali atau dua kali maka anda bisa memahami bagaimana memanfaatkan barcode scanner.




Kesimpulan

Barcode scanner, satu bukti nyata dari sekian banyak hal yang membuat Android tidak dipandang sebelah mata. Anda bisa memanfaatkan Android untuk menggantikan mesin barcode scanner konvensional hanya dengan modal aplikasi barcode scanner yang bisa didapatkan di Android Market secara gratis.